Jumat, 25 September 2015

Partially left-handed

sumber : pinterest.com

Diriku terlahir sebagai orang kidal, yang bagian terkuat dan terinisiatifnya adalah tubuh sebelah kiri, tangan maupun kaki.
Ibu bilang faktor keturunan, karena beberapa anak dari nenek dan kakek (baik dari ibu ataupun bapak) banyak yang kidal.
Menendang bola, main gundu, main recorder/suling, menulis, makan, mengacungkan tangan, apapun kegiatan yang melibatkan tangan dan kaki, aku lakukan dengan tangan kiri. Aku seorang yang kiri tulen, pada awalnya.

Pernah sewaktu ngaji, aku memutuskan untuk memegang kalam (alat penunjuk huruf buat ngaji) pakai tangan kiri, karena menganggap bahwa 'tangan baik'-ku adalah tangan kiri.
Sampai akhirnya ditegur sama Pak Ustadz-nya, "kenapa nunjuk iqro nya kok pake tangan kiri?"
akhirnya ku ceritakan bahwa aku kidal. setelah itu, diberitahu besok-besok pakai tangan kanan aja, dan mulai menjadikan tangan kanan adalah tangan baik seperti 'tugas' tangan kiri selama ini.

Sewaktu SD, saat pelajaran menulis sambung. Aku paling senang kalau main dulu-duluan selesia menulis. Dulu waktu kecil memang ambis banget, entah kenapa sekarang jadi 'yang penting selesai' udah Alhamdulillah :')
Waktu itu, selesai menulis langsung maju ke depan, 'pamer' ke ibu guru kalau Aku sudah selesai dan meminta nilai (di kotak nilai yang sudah kuhias sedemianrupa), selalu begitu kalau pelajaran menulis sambung. Sampai akhirnya bu guru menyadari bahwa Tika nulisnya cepat karena selama ini pakai tangan kiri.

Diomeli, karena katanya itu tangan jelek. Aku lupasih detailnya bagaimana, tapi gara-gara itu, aku jadi belajar menulis pakai tangan kanan. Perjuangan banget memang, aku harus membiasakan tangan kanan memegang pensil. Semenjak itu, udah gak pernah lagi maju duluan karena pakai tangan kanan, menulisnya jadi lama.

Sejak saat itu, latihan buat menulis pakai tangan kanan, dan semakin jarang tangan kiri digunakan. Alhamdulillah juga mulai membiasakan kegiatan-kegiatan 'yang seharusnya dilakukan dengan tangan kanan yang semula di lakukan oleh tangan kiri'. Dan karena jarang digunakan, tulisan tangan kiriku sekarang, gak sebagus tangan kanan, tetapi bisa dimanfaatkan untuk dipakai jika tangan kananku pegal, hehe

Sampai sekarang, cuma nulis, makan, minum, dan kegiatan mendasar lainnya (yang seharusnya dilakukan oleh tangan kanan) yang benar aku lakukan dengan tangan kanan, begitu juga kegiatan mendasar tangan kiri, aku lakukan dengan tangan kiri. Selebihnya kegiatan lain yang awalnya kiri dan bukan mendasar seperti menendang bola, megang hp, gendok bayi, genjreng gitar, pegang pisau, iris bawang, pegang codet, atau apapun itu, tetap kulakukan dengan bagian kiri.

0 komentar:

Posting Komentar